Jurnal Akuntansi & Keuangan

Accounting & Finance Journal ....

Custom Search

Gunakan bahasa Inggris yang baik dan benar

Written by Paula Widiastuti, SE, MSM on 6/26/2008

Ada-ada saja kelakar masyarakat kita. Suatu ketika saya lewat Slipi dari arah Tanah Abang, di bawah jembatan layang Slipi tepatnya di pangkalan ojek ada tulisan putih dengan huruf besar menarik perhatian saya. Spontan saya tergelak-gelak ketika membaca tulisan tersebut:”TIDAK MENERIMA OJEK BARU”. He..he..tampaknya lowongan staf pengojek di area Kolong Slipi sudah ditutup.

Di lain waktu di tengah-tengah macetnya Slipi, dari kejauhan ada satu tulisan yang menarik perhatian saya. Kreatifitas supir bis boleh juga, ada yang menulis motto hidupnya di bagian belakang bis..misalnya “DOA MAMA” sampai ke ledekan untuk diri sendiri “Nafsu Kuat – Tenaga Tak Ada”..yang ini kelihatannya ledekan untuk pemilik bus yang kurang perhatian dengan kendaraan miliknya…ketika muatan penuh jalannya jadi lelet dan asapnya berhamburan menambah polusi jalan.
Nah yang paling baru, hari Sabtu lalu. Yang ini bikin ketawa tapi juga salut. Tampaknya supir bis 46 jurusan Rambutan – UKI – Grogol begitu bangga dengan jati dirinya. Inilah identitasku..begitu kira-kira. Apalagi tulisannya menggunakan bahasa Inggris..seolah ingin berkata,”Biar supir bus, gua bisa juga bahasa Inggris”. Yang agak sedikit mengganggu, tulisannya sedikit keliru: FLAY BOY.

Lain halnya lagi anak remaja. Mereka sangat senang menggunakan bahasa Inggris tapi karena gejolak jiwa anak muda yang menuju kebebasan berekspresi biasanya mereka sangat suka dengan istilah-istilah yang agak slank. Tak jarang di jalan mereka menuliskan grafiti yang kurang sopan dan kurang enak dibaca. Menjamurnya tayangan dari luar serta lagu-lagu rap bertema kebencian rasanya agak mengancam rasa aman saya.

Dalam lingkungan akademik, tak jarang suatu istilah keilmuwan dalam bahasa Inggris sulit diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan kalaupun diterjemahkan maka terdengar aneh dan malah sulit dipahami. Masih ingat dengan istilah ‘Tetikus’ sebagai ganti dari ‘Mouse’? Bagi mahasiswa dan kalangan ekonom tidak asing dengan istilah income smoothing, Competitive Advantage, Wealth Effects dan banyak lagi. Oh ya jadi ingat satu lagi yang lucu: “Sesame Street” di-translate menjadi “Jalan Sesama”. :)

Saat ini, penguasaan bahasa Inggris sudah menjadi keharusan. Dari SD bahkan TK anak-anak sudah diajarkan bahasa Inggris. Dalam pergaulan sehari-hari juga di lingkungan profesional bahasa Inggris merupakan keterampilan yang sangat diperlukan dan mendukung.

Sayangnya, bagi kalangan tertentu bahasa Inggris tetap merupakan suatu hal yang eksklusif. Bisa karena motivasinya kurang atau karena kesempatannya yang kurang. Terlepas dari sebab apapun itu, tentu motivasi selayaknya berada di atas segala-galanya. Ada motivasi tentu saja ada jalan. Ada motivasi tentu saja ada kesuksesan. Dengan menjamurnya produk-produk dari luar negeri, seperti film (bajakan maupun asli tanpa text bahasa Indonesia, produk kesehatan, makanan instant, produk elektronik dll) bahasa Inggris wajib dikuasai. Jika tidak, maka bangsa kita hanya bisa menjadi bangsa yang menggunakan produk luar tanpa bisa menikmatinya.

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book
  1. 1 comments: Responses to “ Gunakan bahasa Inggris yang baik dan benar ”

  2. By Anonymous on April 30, 2009 at 12:04 PM

    jadi sesame street seharusnya kalo ditranslate jadi apa bro?

Best view with:
Firefox and Opera

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 3.0 Unported License.
Creative Commons License

Sharing knowledge for all, Scientific but simple. Free to use for improvement of accounting and accounting in Indonesia and world.
Please show me your support if you like this blog and if the content useful for you:
1. Keep this blog link in you mind. Remember the address : http://jurnalakuntansikeuangan.blogspot.com/
2. Bookmark this blog address
2. Give me a comment, you can write it behind every article you like
3. If you take the quotation, then you should write this blog address in your script/thesis/disertation reference
4. Put this blog button and link in your blog.
5. Subscribe for this blog feeds so you will have the update everyday right on your email
6. Give me a vote on technoraty, diggs etc

Success for you!!
..**Paula Widiastuti**..
paula_widiastuti@yahoo.com